RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT DAN RAJIN
Seringkah anda mendapatkan ketidak teraturan dalam lingkungan anda?, apa yang anda rasakan? Dan apa yang akan terjadi akibat kebiasaan tersebut?
Suatu contoh ketika seorang Pimpinan meminta kepada salah seorang stafnya untuk menberikan data salah seorang karyawan.
Staf terlihat kesulitan mencari data karyawan yg dimaksud, disebabkan dokumen tidak tersusun dengan baik bahkan berserakan dimana-mana.
Untuk itu kita harus :
1 Membedakan sesuatu yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan dan
menyingkirkannya ( RINGKAS ) = SEIRI
2 Menentukan tata letak yang rapi, efektif dan efisien sehingga selalu dengan
mudah untuk menemukan sesuatu yang dicari ( RAPI ) = SEITON
3 Menjaga kondisi lingkungan kerja selalu bersih dan baik, sebagai salah satu
Cara inspeksi. ( RESIK ) = SEISO
4 Membuat standard kerja dengan visual management menggunakan label dan
code yang dimengerti semua orang ( RAWAT ) = SEIKETSU
5 Melakukan sesuatu yang benar suatu kebiasaan ( RAJIN ) = SHITSUKE
= DISPLIN
Dengan menerapkan 5 R dapat meminimalkan kesalahan yang akan terjadi. Ini akan menciptakan suasana yang kondusif begi semua karyawan dan tidak ada yang dirugikan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar