Jumat, 11 Desember 2009

TIPS MENGHADAPI KOMPLAIN PELANGGAN

TIPS MENGHADAPI PELANGGAN YANG KOMPLAIN.


1. DENGARKAN

Jangan bersikap DEFENSIF, dengarkan dahulu keluhannya. Mereka harus menyempatkan waktu dan tenaga untuk datang ke kantor tidak sekedar iseng.

Pelanggan yang mengajukan komplain kebanyakan pelanggan yang loyal.

2. BER-EMPATY

Pelanggan yang komplain datang dengan rasa kecewa atau tidak puas, soal keluhannya salah atau benar itu persoalan berikutnya. Berikan rasa empaty dan perhatian kepada mereka.

3. INDIVIDUAL

Setiap pelanggan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Ajukan pertanyaan hingga kita dapat menemukan dan menganalisa persoalannya, ada baiknya kita berikan pertanyaan apa kira-kira solusi yang diinginkannya

4. SELESAIKAN

Disamping menanyakan solosi kepada pelanggan, jangan lupa selesaikan keluhannya sesuai dengan kebijakan Perusahaan. Pilih jalan keluar yang paling fair dan ambil langkah-langkah agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

5. LAPORKAN

Bila penyelesaiannya membutuhkan waktu, beritahukan dengan pasti kepada pelanggan kapan semuanya selesai.

6. DICATAT

Buat catatan keluhan pelanggan dan solusinya, selain agar keluhannya ditindak lanjuti dengan tuntas, dapat digunakan untuk memparbaiki mutu dan pelayanan..


TIPS MENAWARKAN SUATU PRODUK.


Jangan langsung menawarkan produk, tetapi bentuk dahulu kepercayaan calon pelangan pada kepribadian kita.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan, karena kita bekerja dengan sungguh-sungguh.

Kritikan yang diberikan calon pelanggan dapat membuat kita lebih pintar dan maju.

Yakin akan produk kita yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar