Jumat, 11 Desember 2009

TIPS UNTUK SEHAT

Beberapa Tips HIDUP SEHAT


Ada beberapa pertanyaan mendasar yang dapat Anda tanyakan kepada diri sendiri untuk menggambarkan sehatkah gaya hidup yang Anda jalani selama ini.

1. Apakah saya makan buah dan sayuran setiap hari?

Tubuh manusia membutuhkan vitamin dan mineral yang cukup. Dan dengan buah dan sayuran setiap harinya, kebutuhan itu dapat terpenuhi.


2. Apakah saya bergerak aktif minimal 30 menit setiap hari?

Tubuh perlu bergerak, dalam hal ini berolahraga . Dengan berolahraga minimal 30 menit perhari dalam 5 hari, peredaran darah lancar dan badan menjadi tidak kaku serta sehat. Pastikan aktivitas yang Anda lakukan yang Anda sukai agar dapat dilakukan secara kontiniu.

3. Apakah saya minum cukup perhari?

Begitu banyak alasan mengapa tubuh perlu minum. Antara lain untuk kekebalan tubuh, untuk pencernaan, untuk kesehatan kulit dan membuang racun. Karena itu , jauh lebih baik jika minum air putih lebih dari 8 gelas setiap hari, jika air putih serasa membosankan, juice buah dapat menjadi selingan yang menyegarkan.

4. Apakah saya mengkonsumsi banyak garam?

Terlalu banyak orang mengkonsumsi garam dalam semua masakan yang dimasak sendiri maupun yang terdapat dalam setiap makanan olahan, kandungan garamnya sangat tinggi. Tubuh memang perlu garam, tapi tidak dalam jumlah yang berlebihan, karena akan beresiko terhadap tekanan darah dan menyebabkan serangan jantung bahkan stroke. Satu sendok teh garam perhari adalah yang dianjurkan.

5. Apakah saya sering makan makanan manis berlemak?

Makanan manis berlemak dapat merusak gigi, menimbun lemak dalam tubuh hingga menyebabkan obesitas dan penyebab penyakit jantung serta diabetes. Makanlah sebagai selingan yang nikmat, bukan sebagai kebutuhan yang sangat sering dikonsumsi.
Bila mungkin kita bisa menghitung berapa besar kalori dan vitamin yang kita komsumsi, apakah sepadan dengan tenaga dan pikiran yang kita keluarkan.



6. Apakah saya cukup tidur?

Tubuh perlu tidur untuk kembali membangun tenaga. Tidur selama 7 jam perhari. Tubuh yang lelah akan mempengaruhi daya kerja otak dan kegiatan normal harian. Karena itu usahakan untuk mendapat tidur yang cukup.

7. Apakah saya merokok?

Merokok mampu memberikan 50 macam pengaruh negatif pada tubuh dan 20 cara untk membunuh tubuh itu sendiri.
Dari sekian perokok sangat rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, kanker, impotensi, stroke dan penyakit lain.

8. Apakah saya merasa bahagia?

Seseorang yang senang dan bahagia dalam hidupnya (tidak ada beban pikiran yang berat ) akan membuat sistem kekebalan tubuh terpacu dan membuatnya sehat. Orang yang tidak bahagia cenderung sakit-sakitan baik secara mental dan fisik.

Demikian semoga ada mamfaatnya bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar